Kamis, 17 Maret 2011

GIMANA SIH CARA MEGANG KAMERA YANG BENAR


Cara memegang kamera DSLR yang benar
Bagaimanakah cara memegang kamera yang benar? Apakah ada pengaruh cara memegang kamera terhadap hasil foto? Ya, ada. Mari kita perbaiki cara kita memegang kamera agar hasil yang didapat menjadi lebih baik.
Dasar-dasar
Kita semua tentu menginginkan hasil foto yang tajam dan tidak kabur. Foto yang kabur bisa disebabkan beberapa hal, satu diantaranya adalah karena kamera bergoyang disaat kita menekan tombol pengambil gambar (tombol shutter). Tangan kita bukanlah besi yang kokoh dan kaku, oleh sebab sudah pasti terjadi goyangan/getaran. Dan goyangan tangan ini terekam pada foto kita.
Praktek
Berikut adalah panduan umum dalam memegang kamera yang benar, baik untuk kamera DSLR maupun kamera saku:
  • Bila anda menggunakan kamera yang cukup berat seperti DSLR, maka sebaiknya telapak tangan kiri anda berada di bawah kamera untuk menopang bobot kamera. Siku tangan kiri dirapatkan ke perut untuk membantu menopang bobot kamera. Tangan kanan memegang grip kamera dan jari telunjuk letakkan di atas tombol shutter.
  • Bagi pengguna kamera saku angkat kamera hingga layar LCD sejajar mata, bila memungkinkan rapatkan kedua siku dengan perut.
  • Perhatikan letak jari-jari anda, pastikan tidak menghalangi lensa maupun lampu flash.
  • Lebarkan jarak kedua kaki, kaki kiri majukan sedikit dari kaki kanan. Ini akan memperbaiki kuda-kuda anda agar lebih kokoh.
  • Buang nafas pelan-pelan (atau tahan bila perlu) disaat mengambil gambar.
  • Jangan tekan tombol shutter dengan cara mengetuknya, sebaliknya letakkan jari anda di atas tombol dan “gulirkan” jari anda ke dalam tombol saat mengambil gambar.
Cara memegang kamera yang beresiko goyang
Lain-lain
Bila anda sudah mahir menggunakan kamera maka anda akan tahu bahwa cara-cara di atas tidaklah wajib. Misal, dengan shutter speed yang sangat cepat (misal secepat 1/4000 detik) maka cara memegang kamera tidak lagi berpengaruh terhadap hasil foto, goyangan kamera tidak lagi terekam pada foto anda.
Bila kondisi cahaya sudah terlalu redup yang mengakibatkan kamera melambat untuk mengumpulkan cahaya dan hasil foto selalu kabur, maka mungkin sudah saatnya anda menggunakan tripod. Bila anda tidak membawa tripod, cobalah bersandar pada tembok atau tiang, atau letakkan kamera pada bidang yang kokoh seperti meja.
Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar